Let It Flow

Oke. Itu doang yang bisa gue ucapkan dalam hati pas gue tau kalo kerjaan yang gue kerjain semaleman ternyata Cuma berakhir di tong sampah si bos tanpa pernah gue tau sebelumnya. Hari ini, bos nyodorin sebuah proposal dan meminta gue buat edit isinya. Proposal apa lagi, gue kira. Eh ternyata mirip banget sama proposal yang waktu itu udah nyangkut di tong sampah. Gue rasa Imo yang bikin, sekertaris bos yang lain. Dia emang kerjanya cepet. Mungkin karena lebih cepet dari gue. Dan bos percaya aja sama dia. Padahal kerjaannya ternyata gak becus. Dan ujung-ujungnya, kerjaan dia yang berantakan akhirnya keluyuran juga di meja kerja gue setelah bos nyadar kalo isinya perlu editan di sana sini. Dan parahnya, apa yang pengen bos edit sebenernya udah nyaris sama dengan yang gue kerjain dulu. Kayaknya, saking bos gak percaya kerjaan gue, makanya tuh proposal nyemplung ke tong sampah tanpa sempat dia cek.

Emang sih, kerjaan gue lebih ringan karena file proposal lama itu masih tersimpan rapi di laptop butut gue. Tapi, masalahnya harga diri gue, man. Mana bisa si bos memperlakukan gue seenaknya kaya gitu di saat kerjaan gue bener. Sadis. Tapi dan tapi, gue Cuma bisa menggerutu di tulisan ini tanpa bisa ngejitak si bos yang jelas-jelas punya power yang gue gak punya—uang dan kekuasaan.

Oke. Itu lagi yang bisa gue ucap. Yang sabar aja jadi kacung. Kenapa kacung, karena tugas gue sebagai sekertaris justru jadi lebih mirip juru tulis dan juru ketik, kadang jadi juru photocopy atau juru bikin kopi si bos. Sama sekali jauh dari arti sekretaris itu sendiri yang kata dosen gue dulu berasal dari kata secret. Yang berarti sekretaris itu tukang jaga semua arsip dan rahasia perusahaan. Mungkin juga rahasia si pimpinan, termasuk rahasia hubungan gelapnya. Udah rahasia gelap pula. Dan.. karena gue Cuma dianggap kacung disini, berarti gue harusnya gak punya tanggung jawab buat jaga rahasia perusahaan ataupun orang yang satu ini, (baca si bos), meskipun ya di ID gue emang tertulis "sekretaris".

Gue pernah baca salah satu quote orang yang gue gak hafal namanya. Intinya quote itu bilang, orang lain bakal treat lu sesuai dengan gimana lu treat mereka. So, karena gue diperlakukan sebagai kacung, maka… ah, tiba-tiba pikiran jahat datang di otak gue untuk membuka kedok si bos. Tapi, gue orang yang nyantai, Cuma ngikutin arus kehidupan. Gue gak akan kurang kerjaan ngelaporin si bos ke bosnya si bos a.k.a istrinya, tentang kerjaan si bos yang lembur di hotel bareng cewek satu ke cewek lainnya. Sekali lagi, gue nyantai orangnya, let it flow. Tapi jangan salahin gue kalo istri si bos melakukan investigasi dan meminta gue jadi saksi. Kalo itu emang flow-nya, ya gue jalani. Beres.

Author : syaqifa ~ Text above is just my bothering thoughts

The text Let It Flow is published by syaqifa on Tuesday, October 23, 2012.